blog-kombecks
Sedang memuat...

Rekor Semen Padang 62 Laga Kandang Tanpa Kekalahan

Kali ini KOMBECKS masih membahas seputar rekor dan sejarah Semen Padang FC. Rekor Semen Padang 62 Laga Kandang Tanpa Kekalahan.

Jika sebelumnya rekor dihitung hanya pada pertandingan kandang di GOR Agus Salim. Kali ini KOMBECKS mencoba menghitung kembali seluruh laga kandang SP pada pertandingan kompetitif, ternyata SP mencatatkan rekor 62 laga kandang tanpa kekalahan secara beruntun.

Penasaran? Baiklah,  KOMBECKS akan mencoba membahasnya permusim seperti dibawah ini:

Divisi Utama 2008-2009 
Stadion M. Yamin | Pelatih : Joko Susilo
Inilah musim terakhir SP mengalami kekalahan pada partai kandang (home). Saat GOR Agus Salim dalam perbaikan SP pindah home-base ke Stadion M. Yamin. Kala itu tepat pada 20 November Semen Padang kalah 2-3 atas Persih Tembilahan. Kekalahan ini menjadi kekalahan pada partai kandang satu-satunya bagi SP musim ini.

Total ada 14 pertandingan home musim ini. Pertandingan lawan Persih adalah partai home ke-7 bagi SP, pada 6 laga sebelumnya berakhir dengan tanpa kekalahan. Namun yang akan kita hitung pada musim ini adalah 7 laga home tersisa karena kita akan menghitung pertandingan home tanpa kekalahan secara beruntun. Tujuh laga terisisa berakhir dengan tanpa kekalahan.

Ditambah dengan 1 pertadingan home Copa Indonesia pada 8 November 2008 dimana Semen Padang menang 1-0 atas PSPS Pekanbaru.

Total tanpa kekalahan musim ini :  8 pertandingan

Divisi Utama 2009-2010 
Stadion M. Yamin | Pelatih : Arcan Iurie
Pada musim ini SP masih "mengungsi" di Stadion M. Yamin. Sebanyak 6 pertandingan kandang SP musim 2009-2010 juga dilangsungkan di stadion kebanggan warga Muaro Sijunjung ini. Namun 2 laga (tersisa mulai 26 Maret ) Semen Padang kembali ke GOR. H. Agus Salim.

Total ada 8 pertandingan kandang yang dihadapi SP pada musim ini, Semen Padang mampu memperpanjang rekor dengan kembali tanpa kekalahan di kandang.

Musim ini menjadi musim terakhir bagi SP di divisi utama karena tahun depan SP promosi ke Indonesian Super League setelah meraih juara ketiga dengan menghantam Persiram dengan skor 1-0.

Sementara Piala Indonesia yang sebelumnya disebut dengan Copa Indonesia tidak digelar tahun 2009 ini sehingga tidak ada tambahan pertandingan home.

Total tanpa kekalahan musim ini :  8 pertandingan

Liga Super Indonesia 2010-2011 
Stadion GOR. H. Agus Salim Pelatih : Nil Maizar
Pada musim pertamanya di ISL, Semen Padang dibawah asuhan Nil Maizar terus menjaga rekor kandang. Dari  14 pertandingan kandang tak satupun SP tersentuh kekalahan.

Bahkan musim pertamanya di ISL ini SP sempat menguasai posisi dua klasemen ISL selama beberapa pekan. Namun SP harus puas finish diperingkat keempat setelah 6 poin tandang yang diraih atas PSM dan Persema pada laga tandang dipotong akibat PSM dan Persema mundur dari ISL.

Sementara pada tahun 2010, Piala Indonesia di gelar di Palembang (Stadion Gelora Jakabaring dan Bumi Sriwijaya) sehingga tidak satupun pertandingan home SP.

Total tanpa kekalahan musim ini :  14 pertandingan

Liga Prima Indonesia 2011-2012
 Stadion GOR. H. Agus Salim | Pelatih : Suhatman Imam
Pada musim 2011-2012 saat liga resmi bernama IPL, dibawah komando Suhatman Imam SP berhasil menjaga rekor kandang tanpa kekalahan dalam 11 partai kandang musim ini. Ditambah dengan 3 pertandingan kandang Piala Indonesia 2012 sehingga musim ini ada tambah rekor 14 pertandingan home.

Total tanpa kekalahan musim ini :  14 pertandingan 

Liga Prima Indonesia 2013 
Stadion GOR. Agus Salim | Pelatih : Jafri Sastra
Pada musim IPL 2013, saat dilatih Jafri Sastra, SP terus menjaga rekor tanpa kekalahan ketika bermain di kandang. 11 laga ditambah 1 kemenangan di Community Shield memperpanjang rekor tak kekalahan SP.

Semen Padang yang tampil sebagai juara IPL 2011-2012 juga tampil di AFC cup 2013 dan memainkan 5 partai kandang (hingga perempat-final). Lima laga ini berakhir dengan 4 kemenangan dan 1 imbang.

 Total tanpa kekalahan musim ini :  17 pertandingan 

Liga Super Indonesia 2014
Stadion GOR. Agus Salim : Pelatih : Jafri Sastra
Pada musim ini Semen Padang kembali menambah 1 pertingan kandang yang tidak kalah. Hasil ini diraih ketika menang 2-0 atas Barito Putera. Namun rekor ini harus patah pada laga kandang kedua menghadapi Persita Tangerang 9 Maret 2014. Semen Padang kalah di kandang dengan skor 0-1.

Total tanpa kekalahan musim ini :  1 pertandingan

Rekor tanpa kekalahan Semen Padang berakhir sudah. Total tanpa kekalahan secara beruntun di laga kandang sebanyak 62 pertandingan kompetitif.


Referensi:
Wikipedia.com
rsssf.com
Goal.com
PadangEkspres.co.id
AntaraNews.com
SemenPadang.co.id
Dokumentasi tim KOMBECKS
Semen Padang FC 1689328049376702687

Beranda item